Pages

Rabu, 05 Januari 2011

The resolute desk, dari ratu victoria untuk amerika serikat

Tahukah Anda tentang Resolute Desk? Pasti pernah mendengar nama ini kan, replica Resolute Desk ditampilkan dalam banyak film, contohnya National Treasure 2: Book of Secrets, di mana kompartemen rahasia di meja berisi potongan-potongan petunjuk untuk lokasi harta karun. Film ini juga dilengkapi meja lain yang terletak di Istana Buckingham Inggris yang dibuat untuk Ratu Victoria.






Pada abad ke-19, Resolute Desk sering digunakan oleh Presiden United States sebagai mitra kerja mereka di Oval Office di White House. Meja ini adalah hadiah dari Ratu Victoria kepada Presiden Rutherford B. Hayes pada tahun 1880 yang dibuat dari balok kayu-kayu HMS Resolute, kapal Inggris yang ditinggalkan dan kemudian ditemukan oleh kapal Amerika dan kembali ke Ratu Inggris sebagai tanda persahabatan dan niat baik. Ketika kapal itu dinonaktifkan pada 1879, pemerintah Inggris mengatur sebuah meja yang harus dibuat dari kayu. Resolute Desk dibangun oleh William Evenden, seorang ahli tukang kayu yang bekerja di Royal Naval Dockyard di Chatham.
Meja ini telah dimodifikasi dua kali. Pada tahun 1944, Presiden Franklin D. Roosevelt memerintahkan penambahan seperti pintu di panel depan untuk menyembunyikan kursi rodanya. Tapi sampai akhir hayatnya pada 1945, tidak dilakuakn perubahan pada Resolute Desk ini. Pada masa pemerintahan Presiden Truman, dibuatlah motif elang pada meja ini. Karena Presiden Truman sangat menyukai motif elang. Modifikasi kedua meja itu dibuat dimasa pemerintahan Ronald Reagan. Presiden Reagan menggunakan kursi yang dibawa dari gedung Capitol di California, akan tetapi kursi pada Resolute Desk cukup tinggi sehingga lututnya membentur meja ketika ia pindah. Akibatnya, meja itu ditambah dua inci untuk mengakomodasi Reagan dan kursi agar bisa bergerak leluasa pada meja ini.

Ketika Presiden Lyndon B. Johnson menjabat pada tahun 1963, ia menemukan dia terlalu besar untuk meja itu, dan dia menugaskan suatu pengganti yang dibangun untuknya oleh Senat cabinet Shop. Richard Nixon, yang suksesor Johnson pada tahun 1969, bermaksud untuk menggunakan meja mantan presiden Woodrow Wilson, meskipun harus berselisih dengan mantan wakil presiden Henry Wilson. Gerald Ford, yang berhasil menjadi presiden pada tahun 1974 setelah pengunduran diri Nixon. Dan juga Presiden Jimmy Carter, pengganti Ford, kembali ke Resolute Desk di Oval Office, di mana terdapat meja yang asli.



John Kennedy juga menggunakan Resolute Desk, dan di meja ini terdapat kelapa yang sangat istimewa baginya. Kisahnya sat ia melayani di WW2 sebagai komandan PT109, dengan perahu ditabrak kapal perusak Jepang dan krunya terdampar di Kepulauan Solomon. Lieutenant John F. Kennedy carved this Coconut shell with a message and gave it to two natives to deliver to the PT base at Rendova so he and his crew would be rescued. He later had the coconut shell encased in wood and plastic and used it as a paperweight on his desk in the Oval Office. Letnan John F. Kennedy mengukir cangkang Kelapa ini dengan sebuah pesan dan memberikannya kepada dua pribumi untuk menyampaikan kepada pangkalan militer USA di Rendova sehingga ia dan krunya akan diselamatkan. Ia kemudian memiliki tempurung kelapa dan kayu terbungkus plastik dan menggunakannya sebagai pemberat kertas di mejanya di Oval Office. Pesan yang diukir pada tempurung kelapa berbunyi "NAURO ISL…COMMANDER…NATIVE KNOWS POS'IT…HE CAN PILOT…11 ALIVE…NEED SMALL BOAT…KENNEDY". 



Ada replika dari meja Resolute dipamerkan di setidaknya lima perpustakaan presiden. Meja di John F. Kennedy Presidential Library ini diciptakan oleh Robert Whitley. Ronald Reagan Presidential Library di Simi Valley, California dan Jimmy Carter Library and Museum di Atlanta, Georgia , termasuk replika dari Resolute desk. Resolute Desk baik pada William J. Clinton Presidential Center dan Taman di Little Rock, Arkansas dan George and Barbara Bush Center di University of New England, Maine diproduksi oleh Perusahaan Sejarah Ithaca, New York pada Perusahaan Kittinger dari Buffalo, New York. Sebuah klip video dari meja di produksi dapat dilihat di www.historycompany.com.