Pages

Senin, 09 Agustus 2010

Tutorial Melacak Notebook Yang Hilang Dengan Thelaptoplock.com

1. Bukalah www.thelaptoplock.com/?signup, dan buat sebuah account dengan memasukkan alamat e-mail anda, dan password sesuka anda. Lalu klik Signup.













2. Di dalamnya, tulis nama komputer yang ingin dilacak apabila hilang. Setelah itu, klik Add Computer.






3. Laptoplock akan menyimpan databasenya.

4. Selanjutnya masih di halaman yang sama, download aplikasi laptoplock dengan file berukuran 461 KB. Lalu install program tersebut.


















5. Jalankan aplikasi laptoplock yang baru saja didownload, akan muncul kotak dialog Options.












6. Lalu isi sesuai dengan informasi yang anda dapat tadi. Masukkan juga password untuk melindungi laptoplock agar tidak bisa diutak-atik oleh siapapun, kecuali Anda. Klik Save.

Kini laptoplock telah terpasang di notebook anda. Setiap anda terkoneksi ke internet / mengakses internet, laptoplock akan memeriksa ke server pusatnya untuk melihat status terakhir notebook anda, apakah masih di tangan anda atau sudah dicuri orang. Jika dilaporkan sudah tercuri, laptoplock bisa melakukan beberapa hal. Tapi pertama-tama, kita harus mengatur dulu beberapa parameter yang akan dilakukan oleh laptoplock, apabila notebook tercuri.

1. Buka Menu Manage Security Plan.






























2. klik File Security, kemudian klik Add folder. Pilihlah folder yang berisi data penting anda, dan anda ingin folder tersebut terhapus begitu notebook dilaporkan tercuri.












3. Kemudian klik Notification Options. Beri centang pada show the following message when the computer is in use. Isi dengan pesan yang ingin ditampilkan. Kemudian klik Save.

Laptoplock sudah dipasang, setting telah dilakukan, dan berikutnya nasib sial menimpa anda, Notebook hilang! Bagaimana langkah pelaporannya?

1. Buka kembali website www.laptoplock.com dan login dengan account anda.

2. Di dalam panelnya, klik Report Computer Missing.





Lalu apakah yang terjadi dengan notebook yang tercuri itu? Begitu notebook tersebut digunakan oleh si pencuri untuk melakukan koneksi ke Internet, di notebook tersebut akan muncul pesan peringatan seperti yang telah dibuat seperti berikut:







File yang berada di folder penting yang sudah disetting juga akan langsung dihapus secara otomatis. Hal ini bisa dilakukan karena laptoplock akan melacak alamat IP komputer tersebut setiap komputer dinyalakan, dan logon ke Internet. Untuk mengetahui status dari notebook tersebut, langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Login kembali ke www.laptoplock.com dan login dengan account anda

2. Di dalam panel, klik Check Information.

3. Di sebelah kanan bagian Last Connection Info, anda akan melihat alamat IP terakhir yang dipakai oleh komputer yg tercuri.












4. Klik alamat IP-nya, dan anda akan diberikan informasi detail mengenai IP tersebut.

Catatan : Agar laptoplock bisa bekerja, notebook tersebut harus terkoneksi ke Internet, sehingga aplikasi laptoplock yang terinstal di dalamnya bisa melaporkan ke server milik laptoplock. Tapi seandainya notebook tersebut tidak terkoneksi ke Internet sama sekali setelah dicuri atau si pencuri telah memformat harddisknya terlebih dahulu, maka laptoplock tidak bisa melakukan apa-apa.

Sumber : PC Mild 19/2008 ( lifehacker.com/5044029/how-to-set-up-a-laptop-security-system )

Oleh : William Marcelinus (06/197808/PA/11246)